Tips Belajar Anak yang Efektif dan Menyenangkan Tips Belajar Anak yang Efektif dan MenyenangkanAgar anak rajin belajar tentu membutuhkan motivasi dari orang tua dan juga tips belajar anak. Untuk memotvasinya, sebagai orang tua tentu saja anda harus memperhatikan perbedaannya. Ketika memotivasi anak anda yang masih kelas 2 SD tentu berbeda cara yang dilakukan ketika memberikan motivasi kepada kakaknya yang sudah berada di kelas 4 SD. Mengapa demikian? Karena keduanya memiliki ciri khas yang berbeda. Anak kelas 1 hingga 3 SD masih mengalami masa peralihan dari sekolah TK yang mayaritas kegiatan yang ada di dalamnya adalah bermain. Sedangkan ketika telah masuk SD maka mereka pun memperoleh banyak hal baru. Misalnya mereka harus memperhatikan guru dan mengerjakan tugas di kelas maupun Pekerjaan Rumah (PR). Tentu hal tersebut bukan hal mudah bagi mereka. Nah, itulah sebabnya untuk kelas 1-3 SD cara untuk memotivasi mereka belajar dengan belajar sambil bermain.

Bagaimana dengan anak kelas 4 hingga 6 SD? Untuk masa ini, mereka sudah cukup melakukan adaptasi sehingga cenderung lebih mudah untuk megingatkannya. Salah satu motivasi yang bisa diberikan kepada mereka adalah terkait masa depan sekolahnya nanti. Misalnya untuk SMP, mereka akan sekolah dimana. Karena tiap SMP pasti memiliki syarat berbeda, terutama dalam hal nilai. Nah, hal ini pasti akan menjadi pelecut mereka untuk belajar dan memperoleh nilai bagus.

Tips Belajar Anak Dengan Mendampingi Belajar

Mungkin beberapa orang tua tidak terlalu mempedulikan bagaimana anak belajar. Namun ada baiknya jika sebagai orang tua selalu memperhatikan bagaimana anak belajar sebab hal ini merupakan salah satu tips belajar anak terbaik. Mengetahui perkembangan nilai-nilai mereka. Baik nilai-nilai tugas, PR, maupun ujian mereka. Anda bisa tetap memberikan pujian saat mereka memperoleh nilai bagus. Namun jangan memarahi, mencela atau menyindir ketika niai mereka jelek. Saat nilai jelek anda bisa menanyakannya tentang soal-soal tersebut. Sehingga anda bisa membantunya untuk memecahkan model-model soal yang membuatnya tidak bisa mengerjakannya. Harapannya ke depan ia tidak merasa tertekan ketika memperolehh nilai buruk namun bisa tetap semangat belajar untuk memperoleh nilai yag lebih baik lagi.

Tips Belajar Anak Dengan Ajakan Membuat Jadwal

Salah satu tips belajar anak yang lain adalah dengan mengajaknya membuat jadwal atau catatan kecil. Awalnya bisa anda arahkan untuk membuat jadwal pelajaran sehari-harinya. Kemudian anda bisa juga mengarahkan jadwal ujian sehari-hari mereka maupun jadwal ujian semester mereka. Dengan begitu mereka jadi lebih mengetahui dan tidak lupa. Selain itu anda juga bisa membelikannya semacam buku catatan kecil. Dan berikan pesan kepadanya untuk menuliskan misalnya ada tugas PR di buku pelajaran apa di halaman berapa, dikumpulkan di hari apa dan seteruusnya. Hal ini selain mencegah lupa juga bisa membuat anda melakukan pengecekan misalnya anak tersebut belum mengerjakan PR. Adanya PR sebenarnya juga menjadi bagian dari proses yang justru membuat anak belajar mengulangi pelajaran yang diberikan guru sebelumnya.

Tips Belajar Anak Dengan Merapikan Buku-Buku

Seminggu sekali ajak dia untuk merapikan buku-buku mereka. Atau tiap awal semester. Misalnya menyampul buku-buku baru mereka dengan sampul-sampul lucu kemudian menatanya dalam meja belajar mereka. Buku yang bersih dan rapi, benar atau tidak namun seringkali tetap menjadi perhatian. Anak-anak tetap menyukai hal yag meriah, berwarna-warni, tokoh kartun favorit mereka dan lainnya. Hal ini bisa dijadikan sebagai proses untuk membuatnya untuk belajar. Hal lainnya yang bisa anda lakukan baik untuk anak usia kelas 1-3 SD maupun 4-6 SD adalah ketika mereka memperoleh nilai bagus, kadang-kadang anda bisa memberinya sebuah hadiah namun jangan terlalu sering karena justru berdampak kurang bagus. Salah satu hadiah yang bisa diberikan adalah tas anak.