Belajar menulis untuk anak TK Cara Menstimulasi Belajar Menulis Untuk Anak TKBelajar menulis untuk anak TK memang perlu diajarkan sejak dini. Walaupun keterampilan menulis bukanlah aspek yang ditekankan di usia prasekolah, bukan berarti anak-anak berusia 4-5 tahun tidak boleh diajarkan untuk menulis. Hal paling penting adalah porsinya tidak melebihi kemampuan praakdemiknya. Anak juga harus merasa senang dan tidak terpaksa ketika diajarkan untuk menulis. Untuk itulah, orang tua perlu tahu benar cara menstimulasi keterampilan menulis yang tepat bagi seorang anak. Untuk mengetahui anak sudah siap atau belum untuk diajarkan menulis, orang tua memang perlu memperhatikan tiga hal di bawah ini:

  • Aspek Fisik-Motorik. Keterampilan menulis termasuk sebagai keterampilan motorik halus yang melibatkan otot kecil khususnya bagian tangan dan jari-jari. Di usia prasekolah, anak tentunya sudah mampu mengontrol jari-jemarinya dengan lebih baik, sehingga mereka jauh lebih terampil saat menggunakan peralatan untuk menggenggam. Umumnya, di usia 3 tahun 6 bulan, motorik halus anak sudah siap untuk dilatih untuk memegang alat-alat tulis. Jadi, di usia 6-7 tahun ke atas, kemampuan itu dapat membuat anak dapat memegang alat tulis dengan benar. Untuk itulah, sebelum anak dilatih untuk menulis, orang tua perlu melatih keterampilan motorik halus anak dengan berbagai cara misalnya membentuk plastik, bermain pasel, bermain pasir, dsb.
  • Aspek Emosi. Kegiatan menulis memang memerlukan kesebaran, ketekunan serta konsentrasi. Anak yang masih berada di usia prasekolah, anak usia prasekolah sendiri memiliki rentang waktu konsentrasi serta atensi yang masih sangat terbatas. Jadi, orang tua perlu sabar. Support dari orang tua dalam mendampingi anak saat menulis tentunya akan memberikan pengaruuh besar terhadap emosi serta konsentasi anak. Orangtua juga sebaiknya tidak banyak memberikan kritik produk tulisan anak, namun sebaiknya memberikan pujian atas usaha yang dilakukan oleh sang anak.
  • Aspek Kognitif. Pada anak usia sebelum sekolah, perkembangan kognitif berada di fase pra-operasional yaitu kemampuan berpikir anak sebenarnya masih di bawah tahap konrekt. Jadi, ketika mengajari anak, sebaiknya orangtua memberikan banyak contoh konkret, penuh makna serta familiar.

Belajar Menulis untuk Anak TK Menggunakan Titik-Titik

Belajar menulis bisa dengan cara menggunakan titik-titik. Memang, metode ini adalah metode lama yang banyak diterapkan pada anak yang baru saja belajar menulis. Biasanya cara belajar ini adalah anak-anak diajak untuk menulis dengan menebalkan titik-titik berbentuk huruf atau angka baik latin/abjad atauun huruf hijaiyyah/arab. Orangtua juga bisa membelikan peralatan menulis sebagai reward jika seorang anak bisa menulis dengan baik, misalnya membelikan tas anak bergambar kartun kesayangannya atau berbagai peralatan yang menarik perhatiannya dan membuatnya jadi tertarik untuk menulis.

Tips Agar Anak Mau Belajar Menulis

Jika orangtua ingin mengajarkan menulis kepada anak, maka orangtua perlu mempelajari sejumlah tips agar anak ingin belajar menulis tanpa beban.

1. Cerita sebelum tidur

Orangtua bisa bercerita kepada anak mereka sebelum tidur. Inilah yang menjadi salah satu hal yang paling disukai oleh anak. Orangtua bisa bercerita mengenai tokoh-tokoh hebat yang disukai oleh anak dari buku-buku yang bertuliskan huruf-huruf yang cukup besar.

2. Simulasi pesanan

Cara ini sangatlah sederhana, misalnya orangtua menyuruh anaknya pergi membeli sesuatu di warung, orang tua bisa menyuruhnya untuk menuliskan apa saja yang perlu dibeli. Ini tentunya akan mengajarkan kepada anak bagaimana cara menulis.

3. Belajar bersama

Orangtua perlu juga meluangkan waktu untuk menemani anaknya belajar. Bahkan, orangtua juga perlu memuji semua tulisan yang dibuat anaknya sebagai tulisan yang baik.

4. Berikan Pujian

Tanamkanlah sesering mungkin pujian kepada anak anda bahwa tulisannya bagus karena itu akan membuatnya tidak merasa tertekan dan terus ingin belajar

Itulah sejumlah tips yang sekiranya dapat memberikan kemudahan bagi para orangtua mengenai belajar menulis anak TK yang menyenangkan.