cara belajar anak usia dini Cara Belajar Anak Usia Dini Dengan BermainAnak-anak sejak dini bisa diajak belajar sambil bermain dan hal ini merupakan cara belajar anak usia dini yang terbaik. Sehingga anak-anak kita pun akan tumbuh menjadi anak-anak cerdas dan kreatif. Memilih permainan yang tepat juga mendukung proses belajar anak. Misalnya memilhkan permainan puzzle yang akan melatihnya uuntuk menyelesaikan masalah. Bisa juga memberikannya buku mewarnai, mainan yang bisa dibentuk-bentuk sesuai keinginan yang akan melatihna lebih kreatif untuk membuat suatu benda dan lainnya. Anak usia dini tentu saja belajar sambil bermain dan tidak mutlak benar-benar belajar. Anak-anak usia dini bisa diajari untuk mengenal warna. Bisa dengan mainan warna-warni, gambar-gambar buah dengan warna mencolok dan lainnya. Anda bisa mengulanginya untuk permainan esok hari. Sehingga membantu mereka untuk mengingat.

Cara Belajar Anak Usia Dini Dengan Belajar Mengenal Benda-Benda

Mengajak jalan-jalan di sekeliling rumah juga bisa menjadi bagian proses cara belajar anak usia dini. Mengajak mereka mengenal benda-benda di sekeliling rumah misalnya bunga, pohon, mobil, sepatu, kursi, rumput dan lainnya. Belajar dan bermain bagi mereka tidak harus dengan mainan yang mahal namun bisa menggunakan benda-benda di sekeliling anda. Tentu tetap di bawah pengawasan anda. Saat bermain, anak-anak usia dini ini perlu ditemani agar ia memiliki teman yang diajaknya untuk berkomunikasi. Misalnya sekedar berbagai mainan atau memberitahunya mengenai banyak hal. Dan jika anda sedang menemaninya bermain maka anda bisa memberitahunya tentang banyak hal. Sehingga akan membuat anak anda tersebut juga belajar berbicara dan memiliki lebih banyak kosakata baru.

Cara Belajar Anak Usia Dini Dengan Memberinya Buku Mewarnai

Untuk mengetahui banyak warna, maka anda bisa memberinya buku gambar maupun buku mewarnai sebagai bagian dari cara belajar anak usia dini. Hal ini membuatnya belajar menggabungkan banyak warna. Biarkan pula mereka menggabar hal-hal yang mereka inginkan. Karena anak-anak selalu memiliki banyak imajinasi di luar bayangan kita. Namun anda harus ingat dan perhatikan untuk memberikan alat-alat mewarnai yang tidak berbahaya. Seperti kita ketahui anak-anak, terkadang tidak memikirkan apa yang baru saja ia pegang, kemudian memasukkan tangan ke mulut mereka dan lainnya. Anda tidak perlu khawatir karena saat ini ada banyak alat mewarnai yang aman bagi anak.

Cara Belajar Anak Usia Dini Dengan Lebih Banyak Bermain

Anak-anak memiliki kecenderungan berubah mood. Jika mereka sedang tidak ingin belajar mengenal kata atau warna maka biarkan saja. Jangan pernahh memaksa anak anda untuk belajar membaca atau belajar hal lainnya. Dipaksa hanya akan membuatnnya enggan melakukannya kembali karena itu membuatnya tidak nyaman. Biarkan ia bermain atau belajar sesuai keinginan mereka. Sebagai orang tua, maka ada baiknya anda selalu mendampingi dan menemaninya bermain sekaligus belajar. Sehingga anda pun bisa mengenali apa yang disukainya, apa yang tidak disukainya, dan memberikan tanda apa ketika ia suka atau tidak suka terhadap sesuatu. Hal ini juga akan mendekatkan anda dengan anak anda.

Metode pelajaran lainnya yang bisa diberikan terhadap anak usia dini alah mengajaknya bernyanyi. Bernyanyi dengan diiringi gerakan. Nyanyian dengan kata-kata yang berima dan lucu serta membuat bersemangat merupakan hal-hal yang disukainya. Bernyanyi dan bergerak tentu akan sangat baik bagi anak-anak. Bernyanyi akan membuatnya belajar mengenal lebih banyak kata-kata. Sedangkan bergerak akan membuatnya lebih aktif dan baik untuk kesehatannya. Ada kalanya anda juga bisa mengajaknya berbelanja sehingga ia pun mengenal dan mengetahui lebih banyak orang. Membuatnya lebih berani. Sehingga tidak ada salahnya jika anda mengajaknya ke toko, mal atau supermarket meskipun hanya sekedar membelikannya tas anak konoka.